Jumat, 27 April 2012

Tekhnik Bertarung Ayam Adu

Dalam bertarung ayam adu memilki tekhnik tarung yang beragam,hal ini biasanya merupakan bawaan dari karakter genetik yang diturunkan dari sang pacek dan babon sehingga karakter ini tidak dapat dirubah oleh sang pelatih,yang bisa dilakukan oleh seorang pelatih hanyalah memberikan perawatan dan latihan yang dapat membuat sang ayam dalam kondisi top performance saat bertarung,karena adakalanya saat ayam kurang mendapatkan perawatan dan latihan serta lawan (gandeng) yang tepat maka akan membuat ayam tidak dapat menampilkan teknik dan pukulan yang sesungguhnya.

Tekhnik bertarung antara lain adalah :

Kontrol
Tekhnik tarung kontrol adalah tekhnik bertarung dengan posisi kepala ayam terus tegak berada di atas kepala lawan sambil terus mencari kesempatan untuk mematuk dan melepaskan pukulan.Keunggulan tekhnik ini adalah lebih menghemat energi sehingga nafas lebih tahan lama.

Solah
Tekhnik solah adalah tekhnik yang sangat menguras energi,karena ayam selalu melakukan gerakan yang berubah-ubah tetapi tidak konsisten dengan satu tekhnik tertentu dan dengan cepatnya melakukan pergantian ke tekhnik yang lain.Tekhnik solah adalah tekhnik yang indah untuk dinikmati,akan tetapi ayam dengan teknik ini cenderung memilki daya tahan yang kurang baik. karena tekhnik ini sangat mengumbar energi dan nafas.

Pranggal
Tekhnik peranggal memilki kelebihan dari tekhnik yang lain.karena ayam dengan tekhik ini dapat melepaskan pukulan seketika tanpa harus terlebih dahulu mematuk kepala lawan.Ayam dengan tekhnik pranggal sebaiknya ayam dengan pukulan jalu dan ukuran jalu yang baik sehingga dapat menyelesaikan suatu pertarungan dalam waktu yang singkat.

Mular (kuda lari)
Ayam dengan tekhnik ini adalah ayam yang cerdik.karena disaat ia kesulitan untuk memukul dan terdesak maka ayam ini akan mundur kebelakang.Ayam mular yang baik adalah disaat ayam ini mundur ke belakang dan lawan mengejar maka ayam ini akan segera berbalik dan melakukan pukulan yang akan membuat lawan terkejut karena posisi lawan yang belum siap.Ayam mular umumnya memiliki pergerakan kaki yang cepat dan daya tahan yang baik karena tekhnik ini dapat menghemat tenaga dan nafas.

Ngalung
Tekhnik ini adalah merengkuh serta mengunci kepala lawan sehingga lawan akan kesulitan untuk memukul.Ayam dengan tekhnik ngalung harus memilki tulang leher yang rapat dan urat leher yang bagus.Tanpa melakukan pukulan pun ayam dengan tekhnik ini akan membuat frustasi lawan.

Ngandul
Tekhnik ini sekilas mirip dengan tekhnik ngalung akan tetapi posisi leher lebih ke arah ditumpangkan daripada merengkuh kepala lawan sehingga lawan akan menanggung beban karena ditumpangi.

Nyayap
Tekhnik nyanyap dilakukan dengan cara ayam akan memasukkan kepalanya di sela-sela sayap lawan dan berusaha untuk mematuk kepala lawan dan melepaskan pukulan dari celah sayap.Efek dari tekhnik ini tidak hanya ke kepala lawan akan tetapi juga pada tulang bahu dan sayap lawan karena saat ayam melepaskan pukulan posisi sayap lawan dalam keadaan renggang.

Dongkrak
Tekhnik dobrak adalah tekhnik dengan cara ayam akan memasukkan badannya ke sela-sela kaki lawan dan akan berusaha untuk mengangkat tubuh lawan sambil muncul dari posisi belakang lawan,lalu disaat lawan masih menguasai keseimbangan ia akan berusaha untuk mematuk dan melepaskan pukulan dari arah belakang.

Dorong
Tekhnik dorong mirip dengan tekhnik dobrak karena ayam memasukan kepalanya ke sela-sela kaki lawan.Perbedannya ialah adakalanya ia tidak berusaha muncul dari belakang akan tetapi melakukan dorongan sehingga lawan akan terjatuh atau tersudut.

Dobrak
Tekhnik dobrak adalah tekhnik yang langka.karena ayam akan masuk ke sela-sela kaki lawan lalu mematuk paha dan badan bagian bawah.sehingga lawan akan kesakitan,serangan ini sulit untuk diantisipasi dan di balas lawan karena kepala ayam lebih banyak berada di bawah.

Banyak ayam yang memilki lebih dari satu tekhnik bertarung (variasi) akan tetapi tidak ada ayam yang memiliki semua tekhnik diatas.Ayam yang bagus adalah ayam yang dapat menggunakan tekhnik yang sesuai dengan tipe tekhnik yang dimiliki lawannya (anti).

0 komentar:

Posting Komentar