Selasa, 22 Mei 2012

Jubah Sang Jawara

Bulu pada seekor ayam berfungsi untuk melindungi tubuh dari cidera,membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh,membantu untuk terbang dan sebagai receptors sensor ransangan dari luar.
Namun pada seekor ayam petarung warna bulu juga dianggap berperan dalam menentukan baik dan buruknya seekor ayam petarung,bahkan bagi sebagian kalangan warna bulu ini juga digunakan dalam pemilihan lawan di kalangan karena dipercayai bahwa warna bulu ini ikut mempengaruhi hasil akhir dari sebuah pertarungan (tuah bulu).

Berikut beberapa nama ayam berdasarkan corak dan warna bulunya :

  • Wiring : Warna wiring adalah warna bulu ayam dengan warna dasar hitam.Jika warna pada bulu rawis leher dan bulu rawis ekor bewarna kunng maka disebut dengan Wiring Kuning,namun jika bulu rawis leher dan ekor bewarana merah kecoklatan maka disebut dengan Wiring Galih.Ayam bulu wiring adalah ayam petarung yang paling populer dan banyak diminati.
  • Wangkas : Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam, ayam wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan rawisnya yaitu kuning kemerahan. Jika warna bulu cenderung kuning keemasan disebut Wangkas Emas dan jika warna lebih gelap kemerahan disebut dengan Wangkas Geni
  • Tedung : Tedung adalah warna dasar hitam serta warna bulu rawis dan ekor juga bewarna hitam.Jika warna paruh,kaki dan mata juga ikut hitam maka disebut Jalak/Sipatuang Rimbo.Ayam Jalak/Sipatuang Rimboini dipercayai mempunyai tuah bulu
  • Blorok : Warna blorok adalah campuran antara warna dasar hitam dan putih serta.Jika warna dasarnya juga ada hijau dan bulu rawis putih kemerahan maka disebut Blorok Madu.
  • Kelabu/Klawu : Warna klawu memiliki warna dasar abu-abu. Jika rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman disebut dengan Kelabu Kethek dan jika rawisnya berwarna kuning kemerahan disebut Kelabu Geni. 
  • Putih : Ayam putih banyak dicari oleh pengemar ayam aduan karena selain dianggap mempunyai tuah bulu juga digunakan sebagai indukan maupun pacek pada proses persilangan karena warna bulu putih ini akan banyak menurunkan variasi warna bulu lainnya pada anakan.
  • Jali/Wido : Warna jali adalah warna blorok yang merupakan campuran beberapa warna tapi dalam noktah atau garis-garis kecil. Ini berbeda dengan blorok yang cenderung berpola totol. Jarang ayam bangkok yang berwarna jali. Ada orang tertentu yang sangat memburu bangkok asli dengan warna ini karena kelangkaannya dan berkesan eksotis.
Warna-warna ayam di atas adalah warna-warna utama,dalam soal penyebutan tentunya ada perbedaan pada setiap daerah. Dalam persilangan lebih lanjut bisa saja masing-masing warna memiliki varian yang beragam.

0 komentar:

Posting Komentar