Jumat, 25 Mei 2012

Pemenuhan Kebutuhan Pakan Ayam

Dalam peternakan ayam,baik itu ayam adu maupun ayam konsumsi,faktor ransum memerlukan perhatian besar. Sebagian besar,biaya pemeliharaan ayam digunakan untuk pengadaan ransum makanan,karena ransum sangat menentukan tinggi rendahnya hasil produksi.Kualitas ransum harus dipertimbangkan secara matang agar biaya lebih hemat.Walaupun bibit bagus,kandang bagus dan perawatan baik akan tetapi jika pemberian ransum tidak tepat dapat berakibat timbulnya penyakit,baik penyakit akibat mal nutrisi maupun penyakit ikutan.
Fungsi ransum pada ayam yaitu :
  • Memenuhi kebutuhan hidup antara lain pertumbuhan,pemeliharaan sel-sel dan menggantikan bagian tubuh yang rusak
  • Untuk keperluan produksi telur.
Ransum dibagi menjadi tiga macam yaitu :
  • Ransum Starter : Untuk anak ayam umur 1 hari sampai dengan 2 bulan.
  • Ransum Grower : Untuk ayam dara umur 2 bulan sampai dengan 4 bulan.
  • Ransum Layer : Untuk ayam dewasa usia 4 bulan keatas
Selain pakan jadi buatan pabrik,kita dapat juga meramu sendiri pakan ternak dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar kita dengan cara mencampur bahan-bahan tersebut menjadi satu dan diberikan dalam bentuk basah.Akan tetapi pakan ramuan ini lebih baik diberikan untuk ayam yang telah memasuki masa Grower
Pakan ternak yang kita buat sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3 bentuk yaitu,tepung,butiran kecil dan hijauan.
  • Tepung : Bisa dihasilkan dari menumbuk beras,jagung dan kacang hijau.
  • Butiran Kecil : Bentuk butran kecil berasal dari biji-bijian.
  • Hijauan : Pakan hijauan berasal dari sayuran seperti sawi,lobak,bayam dll

 Kebutuhan Protein
No
Usia
Banyaknya
1
0 - 4 Minggu (anak)
5 – 20 Minggu (muda)
21 Minggu Keatas (dewasa)
18 – 20%
14 – 16%
15 – 17%

Vitamin yang dibutuhkan ayam yaitu vitamin A,D,E,K dan B1
Vitamin A berguna untuk membantu pertumbuhan dan mata,vitamin D untuk memperkuat telur,vitamin E untuk membantu penetasan telur,vitamin K untuk pembentukan sel darah merah dan vitamin B1 untuk penyerapan nutrisi serta untuk membantu pertumbuhan yang optimal.

Mineral yang dibutuhkan ayam antara lain adalah Kalsium dan Fospor,yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam,menggerakkan sari-sari makanan dan merangsang enzim.

Cara Menyajikan Makanan
Bagi anak ayam umur 1 - 7 hari,pemberian makanan cukup ditebarkan diatas koran atau nampan pakan di dekat sumber pemanas,setelah ayam berumur 8 hari sampai memasuki masa Grower pemberian pakan dalam wadah pakan gantung sudah dapat digunakan dengan ketinggian sebatas dada ayam (ukuran wadah pakan disesuaikan dengan tinggi ayam).Pemberian pakan diberikan jangan terlalu banyak untuk menghindari makanan tumpah.
Setelah memasuki masa Grower pemberian pakan basah sudah dapat diberikan,disertai juga dengan pemberian tambahan pakan hijauan dan butiran.

Untuk pemberian pakan usia 1 minggu s/d masa Grower pada anakan ayam adu sebaiknya pakan ditambahkan campuran susu bubuk,mengapa ini sebaiknya dilakukan ?,karena anakan ayam adu dipersiapkan sebagai calon ayam petarung yang membutuhkan tulangan serta struktur rangka yang kokoh.

0 komentar:

Posting Komentar